Minggu, 08 Februari 2015

Air Terjun Kembar, Curug Tersembunyi di Wukirharjo

Mumpung lagi pas musim hujan, gue mau pamerin nih salah satu tempat kece yang keliatan keren cuma pas musim hujan,hahaa

Namanya Air Tejun Kembar atau orang sana bilang Curug kembar, letaknya di Desa Wukirharjo Kecamatan Prambanan. Desa terindah yang pernah gue temuin. Sebuah desa di perbukitan di mana dalam satu desa ini terdapat tiga perbatasan kabupaten, yakni Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman. Keren kan :D

Iseng nih gue jalan-jalan sama temen-temen gue yang selalu selo. Yaahh curug ini belum terlalu terkenal siihh. Jadi masih amat sangat alami. Belum ada akses resmi menuju curug yang satu ini. Gue aja bisa kesana aja dianterin warga Wukirharjo pas acara PPM (Pengabdian Pada Masyarakat –red) puasa kemarin. Tapi itu dulu guys sekitar pertengahan tahun 2013. Entah kalau sekarang, hehee. Semoga aja udah lebih baik.

Dari Balai Desa Wukirharjo gue cukup turun ke bawah sampe ada tanjakan curaamm banget. Nah disitu langsung minggirin motor. Bingung kan, gue aja bingung karena gak ada rupa air terjun di situ.

Naahh ternyata gue salah, gue masih harus turun ke semak-semak dulu. Busett bener-bener gak ada akses mamen, jadi mesti ekstra hati-hati. Was-was juga sih motor di parkir di pinggir jalan. Berdoa ajalah.

Kalo dari arah jogja kamu semua cukup menuju Jl. Wonosari. Di sini lurus terus ke selatan sekitar 10 Km sampe pertigaan lampu merah Piyungan (yang ada pos polisinya). Kamu ambil arah kiri ke arah prambanan. Lalu jalan sekitar 5km nanti kanan jalan ada plang penunjuk arah menuju Rumah Dome atau Rumah Teletubbies. Cukup telusuri jalan tu hingga bertemu perkampungan teletubbies yang rumahnya hampir sama semua berbentuk bulat.

Taman Kanak-kanak di kampung teletubbies

Ciee cieee mbaknya sama masnya...*watepak* digajul mba eka

Mau refreshing sebentar muter-muter kampung situ juga boleh. Udah puas saatnya lanjut lagi perjalanan. Luruss terus sampe ada tanjakan yang curam banget. Udah di situ kamu tengokin kepala ke arah kanan. Insya Allah kalo telingamu agak peka kamu bakal denger suara air terjun, udah keliatan juga dari situ, tinggal kamu berusaha nyari jalan turun ke bawah. Selamat berusaha ya mamend  :P

Setelah kaki cukup lecet akibat terseok-seok ke bawah, mulailah terdengar gemuruh air terjun. Waahh keren, ada dua sekaligus air terjun yang jatuh. Subhanallah….

Sepertinya agak saltum -salah kostum-

Saran gue kalo mau ke sana carilah momen pas musim hujan, dijamin bakalan seru. Karena apa, kalo pas musim kemarau di situ bakalan bener-bener kering ring ring..Gue aja terpaksa gigit jari pas niatnya pengen nengok lagi air terjun itu sama si abang sekalian jalan-jalan ke Wukirharjo, ehh taunya kita berdua harus pulang gigit jari. Walhasil gue sama abang cuma muter-muter Rumah Dome. Hohohooo

Oke cukup rekomended buat kalian yang pengen liburan murah tapi males pergi jauh karena musim hujan. Hahaaa. Gue rewind lagi rutenya mameeend:
Jogja – Jl.Wonosari lurus terus – pertigaan piyungan, belok kiri ke arah Prambanan – lurus sekitar 5km – ada plang Rumah Dome teletubbies, ikuti belok kanan – lurus terus sampe tanjakan curam sebelum Balai Desa Wukirharjo – Tengok kanan.