Minggu, 08 Februari 2015

Air Tejun Sekar Langit Magelang

Ini trip gue yang entah ke berapa kalinya. Gue hobi jalan-jalan. Belum lama ini gue sama si abang sempet jalan gak jelas menyusuri kota magelang. Niatnya sih mau nyari jalan buat pendakian Gunung Andong bulan depan. Emang dasar rencana gak jelas, hasilnya pun gak jelas. hehee
Secara gak sengaja atau emang petunjuk dari Yang Maha Kuasa, ahaha gue sama abang tiba-tiba di tengah jalan nemu air terjun mamen.
Yups air terjun. Disebuah lokasi yang sangat jauuuuhhh dari pusat kota. Namanya Air Terjun Sekar Langit. Heemmm... dari namanya aja udah gak familiar yaa.. Gue sama abang awalnya juga bingung tapi ya sudahlah kita coba aja, toh udah di depan mata masa gak masuk kan sayang.

Air Terjun ini letaknya di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gue inget2 nih rute ke sananya cukup gampang kok. Kalo kamu dari arah jogja. Cukup menuju kota Magelang, nanti sebelum alun-alun kota Magelang ada sebuah tempat perbelanjaan gede bingits namanya GRAND ARTOS. Nah di situ belok kanan. Trus luuruuss sampe sampu merah kedua (yang lampu merah pertamanya depan terminal tidar) kamu ambil kanan arah Kopeng, Salatiga. Enak kan. Menuju Kopeng inilah yang lumayan jauh. Emm..sekitar 1 jam kamu bakal menikmati perjalanan yang cukup panas buat pantat tapi seger buat mata. Setelah pantat kamu kerasa panas tengok dah kiri jalan ada terminal Ngablag gede kok jadi Insya Allah kamu gak bakal kelewat^^, belok kiri masuk di gerbang itu. Namanya gerbang Dusun Dalangan Desa Pandean Kecamatan Ngablak.

Kalo udah masuk dusun itu kamu lurus aja ikut jalur ke arah Grabag. Nanti lewat pasar, desa ini desa itu sampe sekitar 15 menitan sampe deh di tengah jalan ada tulisan "WAHANA WISATA AIR TERJUN SEKAR LANGIT"
Wahana ini cukup murah walaupun udah dikelola ama pemerintaah. tiketnya cukup Rp 10.000,- doang buat berdua, udah termasuk parkir. Kece kan. Nikmat mana lagi yang kau dustakan. Hahaa murah meriah seger. Karena hari udah menuju siang, terpaksalah keinginan untuk menjamah si air terjun ditunda dulu, gue sholat dulu lah sama si abang. Tempat ibadahnya cukup memprihatinkan untuk wahana wisata yang katanya udah dikelola sama pemerintah. Karena tempatnya yang cukup jauh dari lokasi dan harus muter. Hmm..ya sudahlah...

Naaahhh...dari pintu gerbang loket ini kamu bakal melewati jalan setapak, pas tanya sama mas-mas parkir katanya "deket kok mbak cuma sekitar 500 meter." Jalannya enak kok, udah dicorblok.

Belok kanan belok kiri belok sana belok sini, lewat hutan pinus hutan bambu end bla..bla..blaa.. gue cuma berdoa moga mas-mas parkir tadi diampuni segala dosa-dosanya. Di sepanjang kanan kiri jalan kamu bakal melihat banyak rambu-rambu peringatan, katanya kalau musim hujan di sini sering terjadi air bah. Tetep kudu doa ya mameenn.
Yuppss setelah hampir frustasi kamu bakal melewati jembatan gantung dari bambu, gak usah kuatir safety kok

Nah kalo udah nemu jembatan gantung ini..jeeeng jeenggg lihat didepan mata. Jadi nyesel tadi ngambek sama si abang (siapa yang gak ngambek udah setengah jalan tiba-tiba ngajak balik karena hujan –abaikan- )

Udah kesana-kesini, sayang gue gak bawa baju ganti jadi gak bias nyebur di kolam yang airnya kece banget ini. Oke fix lain kali kalo jalan-jalan harus bawa baju ganti. Udah puas liat air terjun, jangan lupa pose cantik dulu ;)

Gimana..keren kaannn…siapin lokasi ini buat trip liburan kamu-kamu semua. Dijamin pasti seru. Biar mudah nih gue kasih rute singkatnya:
Jogja­ - Jl.Magelang – Grand Artos, belok kanan – lampu merah kedua, belok kanan – kopeng (salatiga) – gerbang terminal ngablak, belok kiri arah Grabag – ikuti jalan sampai nemu plang Air Terjun Sekar Langit ;)